Senin, 15 Juni 2009

Bulog Targetkan 50 Persen Pengadaan Beras

Jakarta, Agung Post
Saat ini Perum Bulog baru merealisasikan pengadaan beras sebesar 1,9 juta ton atau baru 50 persen dari target. Tahun 2009 ini Bulog menargetkan pengadaan beras sebanyak 3,8 juta ton atau lebih tinggi dari realisasi tahun 2008 hanya mencapai 3,2 juta ton.
Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Utama Perum Bulog, Mustafa Abubakar dalam sambutanya diacara peresmian pembukaan lokakarya regional ASEAN dalam rangka ulang tahun Bulog ke-42 tahun di Balai Kartini, Jumat kemarin.
"Pengadaan sampai saat ini 1,9 juta ton beras, atau 50 persen dari total target pengadaan beras 2009," jelas Mustafa.
Mustafa mengakui untuk mencapai target pengadaan beras 2009 tidaklah mudah. Namun pihaknya akan tetap optimis mencapai target dengan menekankan pening-katan efektivitas dan produktivitas kinerja.
Pencapaian pengadaan beras tahun lalu yang cukup sukses telah membuat ketergantungan impor beras Indonesia telah dihentikan sejak tahun 2008. Dengan demikian bisa menghemat devisa negara sebesar USD 0,5 miliar. Bahkan pengadaan beras telah berdampak pada berputarnya uang sebesar 13 triliun rupiah ke desa-desa selama setahun. Keber-hasilan Bulog dalam menekan lonjakan harga beras, telah membuat kepercayaan diri Bulog untuk masuk ke komoditi lainnya seperti gula, jagung dan kedele.
"Neraca keuangan Bulog yang semula defisit 500 miliar rupiah, saat ini (2008) surplus 102 miliar rupiah," katanya. (net/kbi/ap).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar