Senin, 06 Juli 2009

Dinas Sosial Ogan Ilir Gelar Penyuluhan

Dinas Sosial Ogan Ilir Gelar Penyuluhan

Indralaya, Agung Post.
Bertempat di Balai TP PKK Kabupaten Ogan Ilir (OI), Dinas Sosial Provinsi Sumsel bekerjasama dengan Dinas Sosial OI baru-baru ini mengadakan penyuluhan seputar kegiatan Sosial.
Kegiatan penyuluhan diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri atas utusan Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat.
Ketua pelaksana penyuluhan Provinsi Sumsel, Drs Ibrahim Senen Msi mengatakan, dilaksanakannya penyuluhan sosial adalah merupakan progran kerja Dinas Soisial Provinsi bertujuan agar masyarakat mengetahui apa itu sosial dan bagaimana mengatasinya. Sehingga, setelah mengetahuimya tumbuh rasa tanggung jawab dan akhirnya menyumbangkan kesejahteraan sosial terhadap masyarakat.
Usai pembukaan Ka Dinsos OI, Hj Sri Murniati SE MM, kepada "Agung Post" mengatakan, hendaknya para peserta dapat mengamalkan materi yang disampaikan penyuluh sehingga nantinya dapat beraksi sosial pada masyarakat. Dan lanjutnya, dinas sosial ini perannya banyak sekali dalam membantu masyarakat antara lain, bekerja sama dengan Dinsos Propinsi Sumsel, seperti mengadakan penataran terhadap anak-anak terlantar, pembinaan terhadap PSK, penyuluhan di cape-cape, rumah remang-remang bekerja sama Pol PP OI, memberikan santunan kepada lansia bekerja sama PKK OI dan Dinkes OI.
Ketika disinggung masih banyaknya berkeliaran orang gila (orgil). Kadinsos OI menjelaskan, selalu ada usaha merehabilitasi keberadaan orgil tersebut, tetapi kesulitan bahwa Dinsos OI tidak mempunyai tempat untuk menanggulanginya, setiap penanganan Dinsos OI menyerahkannya ke RS Jiwa Palembang.
Ka Dinsos OI Hj Sri menambahkan, PSK OI hingga saat ini tercatat sebanyak 20 orang dan baru-baru ini bertambah 8 orang berasal dari Pemulutan, 3 orang diantaranya adalah laki-laki, tegas Hj Sri Muniarti SE MM.
Penyuluh Masalah Sosial Provinsi Sumsel, Drs Asmawati MSI, kepada "Agung Post" juga mengatakan, program Dinsos Provinsi meliputi seluruh Kabupaten dan Kota se Sumsel, hingga tahun 2009 ini sudah 5 Kabupaten telah dilakukan penyuluhan, tujuannya agar masyarakat peduli sosial. Dan tambahnya, setiap kabupaten masalah kepedulian sosialnya angka kekurangannya cukup ringgi, maka itu peranan Dinas Sosial di setiap kabupaten mesih sangat diperlukan.
Ketua pelaksana penyuluhan Dinsos OI, Masulin Sayuti SSos mengatakan, sehubungan terjadi gangguan tehnis acara yang semula dilaksanakan di Aula TP PKK OI terpaksa dipindah ke aula Panti Sosial Bina Remaja. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar